HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS AHMAD YANI


Wahyu Endah Sulistyorini , 1401413026 (2017) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS AHMAD YANI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413026.pdf]
Preview
PDF
Download (798kB) | Preview

Abstract

IPS di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang luas mengenai masyarakat lokal dan global untuk dapat hidup bersama dengan masyarakat dan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan untuk berperan sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang baik. Berdasarkan Naskah Akademik Kajian Kurikulum mata pelajaran IPS (BSNP 2007:5-7), ditemukan beberapa permasalahan pelaksanaan standar isi mata pelajaran IPS. Observasi yang dilakukan peneliti di 3 SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kendal juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai IPS masih rendah. Penelitian oleh Bambang Sumantri dengan judul “Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010”, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu ekstern dan intern. Salah satu faktor intern adalah disiplin belajar, baik disiplin belajar di rumah maupun disiplin belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan disiplin belajar di rumah dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian jenis korelasional dengan jumlah sampel 110 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan test soal, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukan : 1) Disiplin belajar di rumah memperoleh skor rata-rata 70,32 kategori sangat baik. 2) Disiplin belajar di sekolah memperoleh skor rata-rata 81,01 kategori baik. 3) Prestasi belajar IPS memperoleh skor rata-rata 70,12 kategori cukup baik. 4) Ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS. 5) Ada hubungan antara disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS. 6) Ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar IPS. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dan disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS kelas V SD Gugus Ahmad Yani. Saran bagi siswa untuk dapat meningkatkan kedisiplinan dalam belajar, guru hendaknya menanamkan sikap disiplin yang baik, dan bagi orang tua mendorong dan membimbing putra-putri dalam meningkatkan prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar, disiplin, IPS, prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Achievement
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 17:33
Last Modified: 31 May 2018 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item