KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG

Rafika Dian Rahmawati , 1401413023 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1575Kb)

    Abstract

    Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika, sehingga berakibat pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Pola pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma cenderung menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan ciri dimana proses pembelajaran diawali dengan penjelasan guru mengenai materi dan memberikan kuis berupa pertanyaan kepada siswa pada saat pembelajaran. Namun permasalahan yang muncul adalah dalam belajarnya siswa tidak dimulai dengan suatu masalah, guru langsung menjelaskan materi, sehingga siswa tidak merasa tertantang ketika mengikuti pembelajaran, siswa tidak dibiasakan untuk menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah pemecahan masalah, akibatnya siswa tidak dapat memecahkan masalah tersebut dan menyebabkan hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu peneliti ingin memperbaiki model pembelajaran tersebut dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan memicu siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model PBL dapat mencapai KKM, serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma berjumlah 152 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas V SDN Podorejo 02 (eksperimen dengan model PBL) terdiri dari 39 siswa, dan kelas V SDN Wates 01 (kontrol) terdiri dari 37 siswa. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji t-test, uji gain dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 82,615. Sehingga hasil belajar kelas tersebut dapat mencapai KKM. Selanjutnya hasil uji t dari data tes akhir menunjukkan thitung3,166 > ttabel1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL efektif terhadap hasil belajar matematika. Keefektifan penelitian ini didukung hasil analisis uji t dengan data gain yang menunjukkan thitung 8,58 > ttabel1,67 sedangkan dari data N-gain diperoleh thitung9,486 > ttabel1,67 untuk dk 74 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan uraian di atas, model PBL dapat digunakan sebagai variasi model pembelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Hasil Belajar, Matematika, Model PBL
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 31 May 2018 09:02
    Last Modified: 31 May 2018 09:02

    Actions (login required)

    View Item