PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KERAJINAN PERCA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG


Hendri Lintang Pertiwi , 1401413014 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KERAJINAN PERCA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN MOJOWARNO KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413014.pdf]
Preview
PDF
Download (656kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK di kelas IV SDN Mojowarno pada materi kerajinan nusantara khususnya kerajinan perca, siswa belum menggunakan buku panduan sebagai sumber belajar. Berdasarkan data dokumentasi menunjukkan hasil belajar SBK siswa kelas IV SDN Mojowarno menunjukkan nilai rata-rata kelas rendah yaitu 70,76 dari 25 siswa terdapat 16 siswa (64%) yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu 75, sedangkan sisanya 9 siswa (36%) mendapat nilai di atas KKM,. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan buku panduan kerajinan perca pada mata pelajaran SBK di kelas IV SDN Mojowarno. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan kerajinan perca di kelas IV SD yaitu: (1) mendeskripsikan desain pengembangan buku panduan kerajinan perca untuk siswa kelas IV SD; (2) mendeskripsikan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap buku panduan kerajinan perca untuk siswa kelas IV SD; (3) mendeskripsikan keefektifan terbatas pada siswa kelas IV SDN Mojowarno. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono dengan 10 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk skala kecil; (7) revisi produk; (8) uji coba produk skala besar; (9) revisi produk; (10) produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan N-gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) desain disusun dengan menggunakan Microsoft Word 2007 berbentuk landscape, bagian sampul buku dibuat berwarna, terdiri dari judul, nama penulis, dan gambar hasil kerajinan, terdapat 2 bab yaitu bab 1 tentang materi kerajinan perca dan bab 2 tentang jenis kerajinan dan langkah pembuatan; (2) hasil kelayakan buku panduan kerajinan perca berdasarkan penilaian oleh ahli media sebesar 94% (sangat valid) dan penilaian oleh ahli materi sebesar 96% (sangat valid); (3) hasil keefektifan nilai pretest sebesar 68,6 dan nilai postest sebesar 89,24 atau memiliki peningkatan N-gain sebesar 0,6573 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian adalah media pembelajaran buku panduan SBK kerajinan perca untuk kelas IV SD memiliki kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran SBK membuat kerajinan perca. Saran penelitian adalah buku panduan kerajinan perca dapat menambah referensi buku di sekolah. Guru dapat menggunakan buku panduan untuk mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan SBK, kerajinan perca, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 12:35
Last Modified: 31 May 2018 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item