HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


NURUL ‘AFIFAH , 1401413011 (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413011.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep diri yang stabil sangat penting dalam proses belajar menuju ke arah belajar mandiri. Data awal yang di dapatkan peneliti yaitu adanya konsep diri dan kemandirian belajar siswa yang belum maksimal yang sangat memengaruhi tingkat hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) apakah ada hubungan konsep diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Semarang?; (2) apakah ada hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Semarang?; (3) apakah ada hubungan konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Semarang?. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) menguji hubungan konsep diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang; (2) menguji hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang; (3) menguji hubungan konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang yang berjumlah 228 siswa dengan sampel 69 siswa yang diambil menggunakan sampling kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara konsep diri terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,686. (2) terdapat hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,642. (3) terdapat hubungan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,738. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri terhadap hasil belajar IPS, terdapat hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS, dan terdapat hubungan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS. Saran untuk guru, sekolah, dan orangtua harus memberikan perhatian dan bimbingan mengenai tingkah laku, penampilan, emosi, kemandirian dalam belajar, dan hasil belajar siswa dengan memberikan arahan dan pengajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; kemandirian belajar; konsep diri.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 12:12
Last Modified: 31 May 2018 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31217

Actions (login required)

View Item View Item