HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI GUGUS WATUBARUT KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN


Azka Manazila , 1401413006 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI GUGUS WATUBARUT KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413006.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia berdasarkan laporan Depdiknas tahun 2007 bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn kurang optimal karena adanya ketidakseimbangan antara ranah kompetensi PKn. Aspek sikap proporsinya relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan ranah pengetahuan. Permasalahan juga terjadi di SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dari data hasil belajar PKn terdapat 29,2% siswa mendapat nilai dibawah KKM. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn, apakah ada hubungan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn, apakah ada hubungan motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini adalah menguji ada tidaknya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn, menguji ada tidaknya hubungan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn, menguji ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dengan jumlah siswa 134. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Propbability Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik, uji normalitas, kolerasi product moment, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn sebesar 0,767; (2) terdapat hubungan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn sebesar 0,769; dan (3) terdapat hubungan motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PKn sebesar 0,780. Perhitungan menggunakan rumus korelasi Product Moment berbantuan program SPSS versi 24 dengan taraf signifikansi 5%. Motivasi belajar dan disiplin siswa memiliki kontribusi 60.8% terhadap hasil belajar PKn dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat, positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Saran hendaknya guru meningkatkan motivasi belajar dan disiplin siswa agar hasil belajar PKn siswa tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; disiplin siswa; hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 12:03
Last Modified: 31 May 2018 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item