PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF MENGGUNAKAN METODE SAS UNTUK SISWA KELAS I SD


Siti Maghfiroh , 1401413003 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF MENGGUNAKAN METODE SAS UNTUK SISWA KELAS I SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413003.pdf]
Preview
PDF
Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan membaca dan menulis permulaan dengan media kartu huruf menggunakan metode SAS untuk siswa kelas I SD. Buku panduan tersebut memudahkan siswa kelas I SD dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahap penelitian dirancang tujuh tahap, yaitu: (1) tahap survei pendahuluan; (2) tahap awal pengembangan prototype; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain dan uji coba awal; (5) tahap revisi atau perbaikan desain dan produk; (6) tahap uji keefektifan; dan (7) tahap revisi produk dan penyusunan hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini berupa angket kebutuhan dan angket validasi ahli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi dan ahli media termasuk dalam kriteria sangat valid untuk digunakan dan mempunyai nilai rata-rata dari uji keefekifan dengan kriteria ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian, buku panduan membaca dan menulis permulaan dengan media kartu huruf menggunakan metode SAS ini layak digunakan oleh siswa kelas I SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, media kartu huruf, membaca dan menulis permulaan, metode SAS
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 11:59
Last Modified: 31 May 2018 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31215

Actions (login required)

View Item View Item