KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN TEMBOK BANJARAN 1 KABUPATEN TEGAL

Kokoh Gondo Satrio , 1401412494 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN TEMBOK BANJARAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

aktivitas belajar, hasil belajar, model problem posing. Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dan bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan model problem posing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model problem posing dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 56 siswa kelas IV SDN Tembok Banjaran 1 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 28 siswa kelas IVA dan 28 siswa kelas IVB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data aktivitas belajar menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (7,230 > 2,010) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,227 > 2,010). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model problem posing dengan yang menggunakan model konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data aktivitas belajar menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (5,550 > 2,060) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,314 > 2,060). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model problem posing lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model problem posing efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tembok Banjaran 1 pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, model problem posing.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 31 May 2018 07:47
Last Modified: 31 May 2018 07:47

Actions (login required)

View Item