KEEFEKTIFAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI


Rizky Abdillah , 1401412477 (2017) KEEFEKTIFAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412477.pdf]
Preview
PDF
Download (728kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode STAD berbantuan media Flashcard efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gugus Srikandi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan metode STAD berbantuan media Flashcard terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gugus Srikandi. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain non-randomized pretest-postest control group design. Subjek penelitian sejumlah 51 siswa terdiri dari 28 siswa SDN Gisikdrono 01 (kelas control) dan 23 siswa SDN Salaman Mloyo (kelas eksperimen). Variable terkait terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah metode STAD berbantuan media Flashcard. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD berbantuan media Flashcard efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi pada mata pelajaran IPS. Aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 79,5 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 69.1. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,4239 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,0045 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai dan thitung (6,026) > ttabel (2,009) berarti bahwa metode STAD berbantuan media Flashcard efektif terhadap hasil belajar IPS dan nilai Nilai Sig. (2-tailed)<0,05 yaitu 0,00. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang disampaikan pada guru perlu adanya variasi dalam mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi agar siswa antusias sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk siswa hendaknya selalu aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, aktivitas belajar, hasil belajar, metode STAD
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:55
Last Modified: 30 May 2018 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item View Item