HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN SEGUGUS AHMAD YANI BOJA KENDAL

Fakhri Eka Satria , 1401412384 (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN SEGUGUS AHMAD YANI BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (967Kb)

    Abstract

    Minat belajar siswa atau mengulang pelajaran Matematika yang sudah diterima siswa rendah, siswa mau belajar hanya ketika dibimbing dengan guru les nya atau ketika dibimbing dengan orang tuanya sehingga siswa kurang aktif saat mengikuti pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar Matematika siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kegiatan bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika SDN se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kendal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN se-Gugus Ahmad Yani Boja Kendal yang berjumlah 208 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa atau 30% dari populasi yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif yang bersifat kausalitas. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisis dan analisis data akhir menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,599 dengan signifikansi kurang dari 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,710 dengan signifikansi kurang dari 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 70,231 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa Bimbingan Belajar dan keaktifan belajar berhubungan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Gugus Ahmad Yani. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah orang tua hendaknya dapat meningkatkan motivasi untuk mengikuti Bimbingan Belajar dan keaktifan belajar serta perhatian dalam pembelajaran. Guru hendaknya bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar dan aktif dalam pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar; hasil belajar matematika; keaktifan belajar; kelas
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 30 May 2018 13:52
    Last Modified: 30 May 2018 13:52

    Actions (login required)

    View Item