HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN BATANG


Atikah Ayu Lestari , 1401412346 (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412346.pdf]
Preview
PDF
Download (670kB) | Preview

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Salah satu lingkungan belajar yang paling penting adalah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga memiliki tanggung jawab dan berperan sebagai pendidik paling utama dari anak-anaknya, pemberi dukungan pertama untuk belajar di rumah, memperhatikan kebutuhan sekolah anak, menyediakan peralatan dan fasilitas pendidikan anak dan lain- lain. Dari fasilitas belajar di lingkungan keluarga yang memadai, diharapkan anak memperoleh hasil yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan dan seberapa besar hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Batang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak hubungan dan berapa besar hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Batang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi yang digunakan penelitian ini sebanyak 258 siswa, dengan teknik pengambilan sampel kuota. Sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yaitu sebesar 77 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Batang dengan nilai rxy = 0,350 dengan p = 0,002. (2) besarnya hubungan lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sebesar 0,1225 yang memiliki arti bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga sebesar 12,25%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga yaitu sebesar 12,25%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, orang tua, dan peneliti lain. Sekolah diharapkan agar lebih meningkatkan komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan orang tua siswa. Selain itu orang tua juga harus memberikan perhatian dan dukungan dalam belajar anak. Serta penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi atau dapat dijadikan sumber panduan dan acuan untuk mengembangkan penelitian yang sama akan tetapi dengan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:47
Last Modified: 30 May 2018 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31207

Actions (login required)

View Item View Item