HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Mei Asmaradewi , 1401412340 (2017) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412340.pdf]
Preview
PDF
Download (698kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam proses belajar kedua aktivitas itu harus saling berkaitan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran, kurang berperannya siswa ketika belajar, dan siswa sering gaduh ketika di kelas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, kedua hal ini saling berhubungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 420 siswa kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota, dan sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yaitu sebesar 128 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar pengamatan dan data dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis korelasi dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,433, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 128 pada taraf kesalahan 5% adalah 0, 176, sehingga rhitung > rtabel (0,433 > 0, 176). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Saran yang diberikan bagi guru dan sekolah adalah untuk dapat memahami aktivitas belajar siswa dan menunjang fasilitas pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih inovatif serta saran bagi peneliti yang ingin meneliti aktivitas belajar adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian dengan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:35
Last Modified: 30 May 2018 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item View Item