HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Trias Aditya Isnanto , 1401412282 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412282.pdf]
Preview
PDF
Download (771kB) | Preview

Abstract

Siswa SD merupakan bagian dari bangsa ini yang ditumbuhkembangkan sebagai sumber daya manusia untuk bersaing di perkembangan harus mampu bergerak sendiri, mampu memunculkan ide dengan mandiri sehingga memperoleh prestasi yang baik karena tidak selalu bergantung dengan orang lain. Hal tersebut berkaitan dengan kemandirian belajar siswa yang harus diperhatikan oleh guru ketika siswa belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui kemandirian belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD Gugus Srikandi Kota Semarang; 2) Mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD N Gugus Srikandi Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian non eksperimental dengan menggunakan penelitian korelasi. Dalam penelitian ini, variabel yang akan diteliti adalah kemandirian belajar (X) sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar PKn (Y) sebagai variabel terikat. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kota Semarang yang berjumlah 203 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar pada siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang keseluruhan memperoleh presentase skor 78,7 dengan kategori baik. Pada kategori nilai hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yaitu baik.yaitu 81,9%. Siswa sudah mendapatkan hasil belajar PKn di atas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil rhitung 0,283, sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan N=127 adalah sebesar 0,176. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,283>0,176). Nilai signifikasi lebih kecil dari α (0,001 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan kemandirian belajar memiliki hubungan sebesar 28% terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Berkaitan dengan adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, diharapkan siswa untuk meningkatkan kemandirian belajarnya. Hal ini juga memerlukan dukungan guru dan orang tua dirumah dalam membimbing siswa untuk mandiri dalam belajar sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; hasil belajar;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:31
Last Modified: 30 May 2018 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item