PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI
IKHA REZEKI WULANDARI , 1401412251 (2017) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (780kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data hasil observasi di kelas IV SDN Gugus Diponegoro, diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif. Metode tersebut mengakibatkan siswa hanya dapat membaca namun tidak memahami materi dan kesulitan menceritakan kembali isi materi. Rumusan masalah: Apakah metode Cooperative Integrated Reading and Composition mempunyai berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Gugus Diponegoro?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di SDN Gugus Diponegoro. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas IV SDN di gugus Diponegoro yang berjumlah 165 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN Boloagung 01 terdiri dari 21 siswa (eksperimen) dan kelas IV SDN Talun 02 yang terdiri dari 25 siswa (kontrol). Variabel terikat yaitu keterampilan membaca pemahaman. Variabel bebasnya adalah metode CIRC. Data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,24 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi (0,000<0,05) dan thitung yaitu 4,163 lebih besar dibandingkan ttabel (0,291). Nilai N-gain kelas kontrol 0,17 kategori rendah dan kelas eksperimen yaitu 0,45 kategori sedang. Simpulan penelitian adalah metode CIRC berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman. Saran yang disampaikan kepada guru hendaknya mampu menerapkan pembelajaran inovatif sehingga membuat suasana belajar menjadi kondusif, siswa hendaknya saling terbuka dengan kelompok maupun guru, dan sekolah sebaiknya dapat menyediakan fasilitas yang memadai agar dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca; membaca pemahaman; metode CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 17:29 |
Last Modified: | 30 May 2018 17:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31204 |
Actions (login required)
View Item |