PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INKUIRI MATA PELAJARAN SBK MENGGAMBAR POLA BATIK KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI SEMARANG


AFIF FAIZUDDAROYIN , 1401412147 (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INKUIRI MATA PELAJARAN SBK MENGGAMBAR POLA BATIK KELAS IV SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412147.pdf]
Preview
PDF
Download (813kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan elemen penting dalam pembelajaran. Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang berisi bahan belajar yang dapat memeberikan kemampuan kepada siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan hasil angket dari guru dan siswa terdapat permasalahan kesulitan terutama pada materi menggambar pola batik pada pembelajaran SBK di kelas IV SDN Ngijo 01 Gunungpati Semarang. Hasil belajar siswa menunjukkan sebanyak 66,7% siswa masih mendapatkan nilai rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media buku ajar berbasis inkuiri sebagai media belajar mandiri yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK menggambar pola batik kelas IV SDN Ngijo 01 Gunungpati Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development Sugiyono. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Ngijo 01. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Ngijo 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan uji validitas, Reliabilitas, Normalitas, dan N-gain. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, penilaian pakar ahli materi sebesar 75% (layak), ahli media sebesar 80% (layak), dan ahli bahasa 68,3% (layak), media yang dikembangkan mampu meningkatkan hasl belajar siswa yang pada awalnya rata-rata 69,4 menjadi 80 atau memiliki peningkatan n-gain sebesar 0,345. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran buku ajar berbasis inkuiri mata pelajaran SBK menggambar pola batik di Kelas IV SD layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Batik; Buku ajar; Inkuiri; Pengembangan media;
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Local Wisdom
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:26
Last Modified: 30 May 2018 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31203

Actions (login required)

View Item View Item