PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SESORAH DENGAN VIDEO PEPIPAK (PEMBELAJARAN PIDATO NGAPAK) UNTUK SISWA KELAS IX SMP DI TEGAL


Nur Izza Fadhliani , 2601412078 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SESORAH DENGAN VIDEO PEPIPAK (PEMBELAJARAN PIDATO NGAPAK) UNTUK SISWA KELAS IX SMP DI TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601412078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan pembelajaran pidato berbahasa Jawa, (2) bagaimana prototipe pengembangan media video pepipak, (3) bagaimana validasi produk media video pepipak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran pidato berbahasa Jawa, (2) untuk mengetahui prototipe pengembangan media video pepipak, (3) untuk mengetahui validasi produk video pepipak untuk pembelajaran pidato. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research & development). Pengembangan media ini melalui lima tahap yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi uji ahli, (5) perbaikan desain. Instrument yang digunakan yaitu instrument nontes berupa angket. Dari hasil analisis kebutuhan pembelajaran pidato berbahasa Jawa menunjukkan siswa dan guru membutuhkan media video pepipak. Hasil prototipe media video pepipak berdurasi 04.18 menit yang terdiri dari: (1) pembuka media, (2) isi media, (3) penutup. Validasi uji ahli media dan materi diperoleh presentase 71.76% dan 78,82% yang termasuk kategori baik dengan beberapa revisi, yaitu pada pembukaan media yang ditambahkan identitas pembuat media, penggunaan bahasa ada isi media yaitu menggunakan bahaa ngoko dan ditambahkan pada bagian penutup media yaitu ucapan terima kasih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, sesorah, video pepipak
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 30 May 2018 17:12
Last Modified: 30 May 2018 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31200

Actions (login required)

View Item View Item