ANALISIS PEMBELAJARAN SBK DI KELAS V SD NEGERI PECANGAAN KABUPATEN JEPARA


Dwi Indah Damayanti , 1401412145 (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN SBK DI KELAS V SD NEGERI PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412145.pdf]
Preview
PDF
Download (687kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran efektif pada SBK merupakan pembelajaran yang membawa peserta didik belajar seni dan kebudayaan secara efektif. Pembelajaran SBK yang efektif dapat mendorong siswa belajar secara efektif serta memperoleh hasil maksimal, baik di kelas maupun prestasi lomba. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pembelajaran SBK terhadap prestasi lomba siswa di Kelas V SD Negeri Pecangaan Kabupaten Jepara. Penelitian yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Pecangaan Kabupaten Jepara. Sampel diambil menggunakan sampling jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran SBK dikelas V SD Negeri Pecangaan Kabupaten Jepara memperoleh skor 85, termasuk dalam katagori Tinggi (T). Hasil tersebut diperoleh karena adanya kerja sama antara guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti adanya perhatian lebih pada siswa yang belum memahami materi, pemenuhan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan guru, dan memperhatikan guru saat menjelaskan materi. Rencana pembelajaran dibuat berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada KTSP 2006. Selain itu, guru sudah menggunakan metode bervariasi yang dikombinasikan teori dan praktik sesuai materi, sehingga pembelajaran SBK di kelas V berjalan maksimal. Keberhasilan pembelajaran SBK tampak pada prestasi peserta didik dalam berbagai kegiatan perlombaan seperti FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional), MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami), akan tetapi hanya sedikit siswa yang termotivasi mengikuti kegiatan lomba tersebut, karena dipengaruhi oleh faktor penghambat berasal dari siswa, guru, dukungan orang tua, dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor penghambat, pembelajaran SBK, prestasi lomba.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Local Wishdom
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:04
Last Modified: 30 May 2018 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item