PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD TUNAS HARUM BANGSA KOTA SEMARANG


NURUL TRI SETIYAWATI , 1401411599 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD TUNAS HARUM BANGSA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411599.pdf]
Preview
PDF
Download (613kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal peneliti bersama tim kolaborasi guru kelas IV ditemukan masalah pada siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum optimal dikarenakan guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran dan siswa kurang antusias dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa belum optimal, sebagian besar 28,57% siswa dalam menulis karangan belum tuntas. Peneliti Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapan metode discovery berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa? Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode discovery berbantuan media video. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Tunas Harum Bangsa yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan keterampilan menulis karangan dalam pembelajaran menulis karangan melalui metode discovery berbantuan media video. Aktivitas siswa siklus I jumlah skor rata-rata 19,92 kategori cukup, siklus II memperoleh skor rata-rata 22,77 kategori cukup, siklus III memperoleh skor rata-rata 24,36 kategori baik.Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 33 kategori baik, siklus II memperoleh skor 35 kategori baik, siklus III memperoleh skor 37 kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasilnbelajar menulis karangansiklus I 64,29 %, siklus II 71,43 %, siklus III 92,86 %. Simpulan hasil penelitian adalah pembelajaran melalui metode discovery berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis. Saran penelitian yaituguru dalam meningkatkan kualitas mengajar dengan memperhatikan keterampilan dasar mengajar, penggunaan media dalam pembelajaran yang sesuai, sehingga menarik minat siswa untuk lebih semangat belajar, siswa harus lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Kata kunci: keterampilan menulis karangan, discovery, video

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan, discovery, video
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 17:00
Last Modified: 30 May 2018 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31198

Actions (login required)

View Item View Item