KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG


Fatwa Arif Kusuma , 1401410249 (2017) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410249.pdf]
Preview
PDF
Download (749kB) | Preview

Abstract

Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan, efektif dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran Mind Maping dengan Think Pair Share dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar secara berkelompok dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Mind Maping dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi IPS. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pudakpayung Kota Semarang. Sampel penelitian menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, dan tes soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas data, dan analisis akhir. Analisis akhir atau pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis statistic dan independent samples t-tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan analisis statistik diperoleh bahwa nilai pretest rata-rata kelas A sebesar 63,12 dan kelas B sebesar 62,10 < posttest kelas A sebesar 76,09 dan kelas B 70,65 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,165 dan ttabel sebesar 1.,999. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keefektifan model pembelajaran Mind Maping dan Think Pair Share dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Pudakpayung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Mind Maping, Think Pair Share, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 16:36
Last Modified: 30 May 2018 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31194

Actions (login required)

View Item View Item