EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI


Ayyib Fuad , 1401410232 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410232.pdf]
Preview
PDF
Download (676kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti diperoleh permasalahan pada pembelajaran IPA, sebagian besar guru sudah menerapkan pembelajaran kelompok. Namun dalam penerapannya masih banyak siswa yang kurang terlibat saat berdiskusi dan beberapa siswa cenderung mengandalkan teman sekelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model make a match pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan di kelas IV SDN Gugus Melati Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Gugus Melati tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SDN Wedarijaksa 01 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model make a match dan SDN Suwaduk 02 sebagai kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis. Data awal penelitian ini berupa nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa data pretest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, homogen, dan tidak ada perbedaan rata-rata data awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari perhitungan uji t dua pihak menunjukkan nilai thitung sebesar 3,7673 dengan dk = 65 dan α = 5% diperoleh ttabel sebesar 1,9971. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dengan kata lain model pembelajaran make a match lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model make a match efektif dalam pembelajaran IPA Kelas IV SDN Gugus Melati Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Saran dalam penelitian ini yaitu: siswa sebaiknya memahami langkah-langkah model make a match serta berpartisipasi aktif selama mengikuti pembelajaran; guru hendaknya merencanakan pembelajaran yang dilaksanakan serta menguasai hal-hal yang berkaitan dengan model make a match. Sehingga pembelajaran berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA; Model Make A Match; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 16:28
Last Modified: 30 May 2018 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31193

Actions (login required)

View Item View Item