HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SEMARANG


Mastiara , 1301413120 (2017) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413120.pdf]
Preview
PDF
Download (892kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan dengan fenomena di sekolah yang masih terdapat siswa malu untuk berbicara di depan umum, malu bertanya ketika diskusi, selalu menghindari komunikasi dengan kelompok lain, resah, tidak percaya diri dan memiliki harga diri yang rendah. Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi interpersonal, harga diri dan kepercayaan diri, hubungan antara harga diri dengan kepercayaan diri, hubungan antara harga diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal, hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal dan hubungan antara harga diri dan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan populasi 270 siswa, sampelnya 153 siswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, sampel diambil berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%.Alat pengumpul data menggunakan skala harga diri, skala kepercayaan diri dan angket kemampuan komunikasi interpersonal.Validitas diuji dengan rumus Product moment dan reliabilitas dengan rumus Alpha Cornbach.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, korelasi product moment, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa dalam kategori sangat tinggi, harga diri siswa termasuk kategori tinggi, sedangkan kepercayaan diri siswa termasuk kategori tinggi. Hasil dari uji korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara harga diri dengan kepercayaan diri. Hasil analisis regresi sederhana dan regresi ganda menunjukkan bahwa hubungan antara harga diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal (R=0,738, p=<0,5). Kemudian antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal (R=0,743, p=<0,5). Begitu pula antara harga diri dan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal (R=0,767, F=107,73, p=0,000). Berdasarkan hasil tersebut bahwa semakin tinggi harga diri dan kepercayaan diri pada siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuan komunikasi interpersonal. Oleh karena itu, disarankan untuk guru BK dapat memperhatikan kondisi siswa yang merasa kesulitan dalam berkomunikasi di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: harga diri; kepercayaan diri; kemampuan komunikasi interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Confidence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 16:25
Last Modified: 30 May 2018 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item