KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Andi Suroso , 1301413095 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413095.pdf]
Preview
PDF
Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran yang menunjukkan tingkat kemampuan berpikir positif siswa yang rendah, dengan indikator pernyataan yang tidak memihak, harapan yang positif, penyesuaian diri yang realistis dan afirmasi diri. Rumusan masalah yaitu Bagaimana keefektifan layanan penguasaa konten teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Ungaran. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang kemampuan berpikir positif melalui layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran yaitu kelas VII A-VII J dan sampelnya kelas VII D yang berjumlah 35 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala Psikologis kemampuan berpikir positif. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif prosentase dan uji beda ( t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan berpikir positif setelah diberikan layanan sebesar 13,55%. %). Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung = 9,487 dan ttabel = 1,687, jadi nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, kemampuan berpikir positif siswa meningkat melalui layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik terdapat peningkatan kemampuan berpikir positif siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Ungaran. Saran yang dapat diberikan hendaknya layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dimanfaatkan oleh guru BK untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperkuat penelitian ini, agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan sasaran satuan pendidikan yang berbeda seperti SD, SMA atau SMK dengan menggunakan teknik-teknik tertentu ataupun layanan bimbingan konseling selain layanan pengusaan konten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir positif, layanan penguasaan konten, modeling simbolik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 16:22
Last Modified: 30 May 2018 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item View Item