PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELOGIRI KAB. WONOGIRI


Apriliani Chrisnanda Putri , 1301413086 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELOGIRI KAB. WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413086.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena pada siswa kelas IX SMPN 1 Selogiri Kab. Wonogiri yang memiliki kedisiplinan rendah karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Latar belakang tersebut memunculkan rumusan masalah penelitian yaitu (1) bagaimana gambaran kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri (2) bagaimana gambaran kecerdasan emosi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri (3) bagaimana gambaran pola asuh orang tua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri (4) seberapa besar pengaruh kecerdasan emosi terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri (5) seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri (6) seberapa besar pengaruh kecerdasan emosi dan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selogiri Kab. Wonogiri. Penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 222 siswa, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Alat pengumpul data menggunakan skala kedisiplinan mematuhi tata tertib, skala kecerdasan emosi, dan skala pola asuh orang tua yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) tingkat kedisiplinan siswa rendah digambarkan pada indikator menaati peraturan (2) tingkat kecerdasan emosi rendah digambarkan pada indikator mengelola emosi (3) pola asuh orang tua yang banyak diterima adalah pola asuh otoriter (4) kecerdasan emosi berpengaruh pada kedisiplinan mematuhi tata tertib (5) pola asuh orang tua berpengaruh pada tingkat kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib (6) kecerdasan emosi dan pola asuh orang tua berpengaruh pada kedisiplinan mematuhi tata tertib. Berdasarkan hasil tersebut bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi dan pola asuh orang tua maka kedisiplinan mematuhi tata tertib siswa juga akan meningkat. Oleh karena itu disarankan guru BK dapat memperhatikan kondisi individual siswa agar siswa merasa diperhatikan dan dapat memperbaiki perilaku yang keliru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; kecerdasan emosi; pola asuh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:55
Last Modified: 30 May 2018 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item View Item