HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X JURUSAN MEKATRONIKA SMK NEGERI 7 SEMARANG


Eko Mahesty Noorjanah , 1301413081 (2017) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X JURUSAN MEKATRONIKA SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413081.pdf]
Preview
PDF
Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SMK Negeri 7 Semarang dimana peneysuaian sosial siswa yang harus dilakukan masing-masing siswa tanpa kesulitan. Jurusan Mekatronika dengan jumlah siswa paling sedikit diharuskan menguasai lebih dari satu kejuruan yang ada disekolah. Penerapan pola asuh yang benar akan menciptakan konsep diri yang baik pada diri anak sehingga anak tidak mengalami hambatan dalam penyesuaian sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pola asuh orang tua ada hubungan dengan terbentuknya konsep diri anak sehingga berdampak pada penyesuaian sosial anak di sekolah terkhususnya siswa kelas X jurusan Meaktronika SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis ekspos facto, dengan desain korelasional. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket pola asuh, skala konsep diri dan skala penyesuaian sosial. Skala penyesuaian sosial valid dengan presentase 95,56% dan hasil uji reliabilitas mencapai 0,737. Dengan begitu instrument tersebut dapat digunakan untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif antara pola asuh dan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X jurusan Mekatronika SMK Negeri 7 Semarang dibuktikan dengan hasil regresi ganda sebesar 57,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara pola asuh dan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X jurusan Mekatronika SMK Negeri 7 Semarang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif antara pola asuh dan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X jurusan Mekatronika SMK Negeri 7 Semarang. Bagi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) diharapkan dapat memberikan pelayanan bidang pribadi dan sosial jika ada siswa yang kurang dapat melakukan penyesuaian sosial dengan baik disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh; konsep diri; penyesuaian sosial
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:52
Last Modified: 30 May 2018 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31189

Actions (login required)

View Item View Item