HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII MTS SE-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Maria Ulfa , 1301413066 (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII MTS SE-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413066.pdf]
Preview
PDF
Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena perilaku menyontek yang masih dilakukan oleh siswa di sekolah. Perilaku menyontek mengiringi kegiatan belajar mengajar mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Pelaksanaan ujian juga diwarnai dengan menyontek seperti yang terjadi di Surabaya, Goa, dan Jepara. Menyontek dianggap sebagai hal yang wajar dilakukan oleh siswa di sekolah. Faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek diantaranya adalah konsep diri dan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara konsep diri dan efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 169 dari populasi 369 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala perilaku menyontek, skala konsep diri, dan skala efikasi diri. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dengan perilaku menyontek siswa (R= 0,661, F(4,164) = 31,823, p = <0,01). Kemudian antara efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa juga terdapat hubungan yang sangat signifikan (R= 0,055, F(3,161), p = <0,01). Begitu pula antara konsep diri dan efikasi diri secara bersama-sama juga memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan perilaku menyontek siswa (R = 0,716, F(7,161) = 24,226, p = <0,01).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Efikasi Diri, dan Perilaku Menyontek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:46
Last Modified: 30 May 2018 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31187

Actions (login required)

View Item View Item