PENGARUH KONSEP DIRI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMP NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Femy Ariefiane Chandra , 1301413044 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMP NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413044.pdf]
Preview
PDF
Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu fenomena pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kendal yang memiliki kecemasan dalam menghadapi UNBK. Berbagai kesiapan harusnya sudah dipersiapkan namun adapun yang menjadi kendala, seperti halnya (1) jumlah komputer yang tersedia, (2) penguasaan komputer, (3) kurikulum irisan, dan (4) siswa belum siap mengikuti UNBK. Maka akan membuat keberhasilan UNBK menjadi tidak maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah (1) bagaimana gambaran konsep diri siswa dalam menghadapi UNBK (2) bagaimana gambaran kesiapan belajar siswa dalam menghadapi UNBK (3) bagaimana gambaran kecemasan siswa dalam menghadapi UNBK (4) seberapa besar pengaruh konsep diri siswa terhadap kecemasan dalam menghadapi UNBK (5) seberapa besar pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap kecemasan dalam menghadapi UNBK (6) seberapa besar pengaruh konsep diri dan kesiapan belajar terhadap kecemasan dalam menghadapi UNBK. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 250 siswa dengan sampel 146 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) konsep diri masuk kategori cukup baik, (2) kesiapan belajar masuk kategori cukup baik, (3) kecemasan masuk kategori cemas, (4) konsep diri berpengaruh terhadap kecemasan sebesar 56,6% (5) kesiapan belajar berpengaruh terhadap kecemasan sebesar 50,2% (6) konsep diri dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap kecemasan sebesar 61,7%. Berdasarkan hasil tersebut maka (1) bagi lembaga pendidikan sebagai salah satu alternatif penurunan kecemasan dan peningkatan konsep diri serta peningkatan kesiapan belajar siswa dalam menghadapi UNBK. (2) bagi konselor dapat memberikan pelayanan bimbingan konseling dengan lebih baik agar peserta UNBK dapat meningkatkan konsep diri yang positif dan menyiapkan belajar yang lebih matang. (3) bagi peneliti lanjutan dapat melakukan penelitian dengan variabel yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, konsep diri, kesiapan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:40
Last Modified: 30 May 2018 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item