KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI RENDAHNYA PERILAKU ALTRUIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2017/2018


Nurlaeli Isnaeni , 1301413035 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI RENDAHNYA PERILAKU ALTRUIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413035.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas IX SMP Negeri 2 Sirampog kabupaten Brebes yang menunjukkan rendahnya perilaku altruis, berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa siswa tidak segera menolong temannya yang kesusahan, siswa cenderung lebih suka menolong jika ada imbalan, siswa lebih suka menolong dengan temannya yang sudah dikenal dan siswa lebih mementingkan diri sendiri dibanding orang lain. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan layanan konseling kelompok untuk mengatasi rendahnya perilaku altruis siswa. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan layanan konseling kelompok untuk mengatasi rendahnya perilaku altruis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sirampog kabupaten Brebes yang berjumlah 121 siswa. Subyek penelitian ini yaitu berjumlah 7 siswa yang memiliki tingkat perilaku altruis rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis berupa skala altruis. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon pairs match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku altruis siswa sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok masuk kategori rendah dengan presentase rata-rata sebesar 48%. Setelah mendapatkan layanan konseling kelompok termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 80% sehingga terjadi peningkatan sebesar 32%. Selain itu diperoleh data melalui uji wilcoxon pairs match dengan n=7 taraf signifikansi 5% didapatkan Zhitung > Ztabel (2,36 < 2) atau Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok terbukti efektif untuk mengatasi rendahnya perilaku altruis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sirampog Kabupaten Brebes tahun ajaran 2017/2018. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK memprogramkan secara rutin pelaksanakan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku altruis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku Altruis, konseling kelompok.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:30
Last Modified: 30 May 2018 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item