HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Asih Nurhaning Tyas , 1301413034 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413034.pdf]
Preview
PDF
Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena disekolah yang masih terdapat siswa berperilaku agresif dalam kehidupan sosialnya. Perilaku agresif yang ditampakan siswa SMK yaitu adanya perilaku memberontak baik kepada guru maupun dengan teman disekolah, ditambah banyaknya kasus bully dan adu fisik yang ada disekolah. Perilaku agresi ini terjadi karena akibat ketidak mampuan individu yang belum memiliki kematangan emosi dan adanya konformitas. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui gambaran perilaku agresif, gambaran kematangan emosi dan gambaran konformitas, hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif, hubungan konformitas dengan perilaku agresif, dan hubungan antara kematangan emosi dan konformitas dengan perilaku agresif. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 160 siswa kelas XI. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling proposive sehingga diperoleh jumlah sampel 110 siswa, sample diambil berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Alat pengumpulan data menggunakan angket perilaku agresif serta skala kematangan emosi dan skala konfromitas. Pengujian validitas menggunakan product moment dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data regresi sederhana dan regeresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa perilaku agresif siswa dalam katagori sedang dengan nilai 76,27, kematangan emosi siswa termaksud dalam katagori sedang dengan nilai 102,96, konformitas siswa dalam katagori sedang dengan nilai 101,64. Hasil dari uji korelasi product moment menunjukan ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dan konformitas dengan perilaku agresif (R= 0,879, P=0,01). Analisis secara parsial menunjukan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,726, P=0,01), begitu pula antara konformitas dengan perilaku agresif juga terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,818, P=0,01). Oleh karena itu, disarankan untuk guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan sesuai kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku agresif, kematangan emosi dan konformitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Conformity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 15:27
Last Modified: 30 May 2018 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31183

Actions (login required)

View Item View Item