HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN BULLYING DAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN SIKAP TERHADAP BULLYING PADA SISWA KELAS VI SD N SE-KECAMATAN GUNUNGPATI TAHUN AJARAN 2016/2017


Yurika Fridiana , 1301412122 (2017) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN BULLYING DAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN SIKAP TERHADAP BULLYING PADA SISWA KELAS VI SD N SE-KECAMATAN GUNUNGPATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412122.pdf]
Preview
PDF
Download (656kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fenomena di SD, menunjukkan bahwa bullying juga terjadi di SDN Kec. Gunungati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pemahaman tentang bullying, intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi, sikap terhadap bullying, hubungan antara pemahaman bullying dengan sikap terhadap bullying, hubungan antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dengan sikap terhadap bullying, serta hubungan antara pemahaman bullying dan intensitas menonton tayangan kekerasan ditelevisi dengan sikap terhadap bullying pada siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasinya sebanyak 835 siswa dari 33 SD N Se-Kecamatan Gunungpati. Pengambilan sampel menggunakan sampling area dengan jumlah sampel 205 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, angket dan skala psikologis. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan product moment dan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase, product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya siswa cenderung paham tentang bullying, yaitu sebesar 54%. Kemudian intensitas menonton tayangan kekerasan ditelevisi cenderung rendah, yaitu 56% dan sikap terhadap bullying pada siswa cenderung positif yaitu 68%. Kemudian hubungan antar variabel penelitian, menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman bullying siswa dengan sikap terhadap bullying (rxy = 0,325; p <0,05), (2) terdapat hubungan negative dan signifikan antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dengan sikap terhadap bullying (rxy = -0,229; p <0,05), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bullying dan intensitas menonton tayangan kekerasan ditelevisi dengan sikap terhadap bullying (rxy = 0,364 ≥ 0,138) ; p <0,05). Jadi disimpulkan, siswa cenderung paham tentang bullying, intensitas siswa menonton tayangan kekerasan di televisi cenderung rendah, sikap siswa terhadap bullying cenderung positif. Selain itu, terdapat hubungan yang positif antara pemahaman bullying dengan sikap terhadap bullying, hubungan negative antara intensitas menonton tayangan kekerasan ditelevisi dengan sikap terhadap bullying, serta terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bullying dan intensitas menonton tayangan kekerasan ditelevisi dengan sikap terhadap bullying. Guru kelas dan guru mata pelajaran seyognyanya bekerjasama dalam mengawasi siswa dan memberikan hukuman yang tegas pada siswa apabila ada siswa yang berperilaku bullying.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Kekerasan, Pemahaman Bullying, Sikap Bullying.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 20:12
Last Modified: 30 May 2018 20:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item