LATAR BELAKANG RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS X DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUS SAIDIYYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Rizky Diah Oktaviana , 1301412116 (2017) LATAR BELAKANG RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS X DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUS SAIDIYYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412116.pdf]
Preview
PDF
Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada santri kelas X di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai rendahnya motivasi belajar santri di pondok pesantren Roudlotus Saidiyyah beserta faktor yang mempengaruhi. Manfaat dar penelitian ini yaitu menambah wawasan pengetahuan bimbingan dan konseling mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar santri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di pondok pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian terbagi menjadi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah santri kelas X di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang yang memiliki motivasi belajar rendah, sedangkan sumber data sekunder adalah teman sebaya santri dan konselor sekolah. Alat pengumpul data berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten, dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahawa ada kecenderungan pada semua subyek penelitian bahwa mereka (a) malas mengerjakan tugas (b) merasa bosan dengan pelajaran di kelas, (c) tidak merasa nyaman dengan lingkungan sekitar, (d) cepat bosan dengan cara mengajar guru. Rendahnya motivasi belajar santri disebabkan oleh faktor intenal yaitu minat belajar dan motivasi sedangkan faktor eksternalnya yaitu kondisi lingkungan belajar yang tidak kondusif dan pengaruh teman. Faktor yang paling mendominasi rendahnya motivasi belajar santri yaitu faktor eksternal berupa faktor lingkungan. Hal ini dikarenakan subyek berada di pondok pesantren selama 24 jam bersama teman-temannya dengan berbagai macam karakter yang berbeda. Ketika subyek akan belajar banyak teman yang mengganggunya untuk tidak belajar sehingga subyek mengikuti kata temantemannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, santri pondok pesantren
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 12:30
Last Modified: 30 May 2018 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

View Item View Item