PERSEPSI GURU BK TENTANG PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 111 TAHUN 2014 DI SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Aristia Putri Andini , 1301412099 (2017) PERSEPSI GURU BK TENTANG PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 111 TAHUN 2014 DI SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412099.pdf]
Preview
PDF
Download (839kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru BK tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 di SMP Negeri se-Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survai. Penelitian ini memiliki subjek penelitian sebanyak 53 guru BK, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi guru BK. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment dan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif dengan rumus kurva normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru BK tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 memiliki rata-rata 175,13 dalam kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru BK sudah dapat mengetahui, memberikan kesan dan evaluasi isi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu guru BK harus lebih meningkatkan aspek pengetahuan, pemahaman, dan implementasi agar menjadi semakin baik sehingga dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling menjadi lebih efektif dan dapat mencapai tujuan nasional yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru BK, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 tahun 2014
Subjects: L Education > L Education (General) > Regulation
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 12:27
Last Modified: 30 May 2018 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31172

Actions (login required)

View Item View Item