PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN TENTANG PERANNYA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA SE-KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2016/2017


Dwi Fitria Sari , 1301412093 (2017) PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN TENTANG PERANNYA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA SE-KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412093.pdf]
Preview
PDF
Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa kerjasama antara guru mata pelajaran dan konselor masih kurang optimal, karena munculnya anggapan yang kurang tepat dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peneltian yang telah dilakukan Purba (2014). Munculnya anggapan yang kurangan tepat ini perlu segera diluruskan, agar tidak berdampak pada kualitas pemberian pelayanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hal tersebut adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman guru mata pelajaran tentang perannya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di SMA se-Kecamatan Ambarawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki guru mata pelajaran di SMA se-Kecamatan Ambarawa tentang perannya dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian survey. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel yaitu, pemahaman guru mata pelajaran tentang perannya dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 84 guru mata pelajaran (kecuali guru BK/konselor), yang diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dengan memperhitungkan pendapat ahli (judgments experts). Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru mata pelajaran tentang perannya dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di SMA se-Kecamatan Ambarawa mencapai kriteria sangat tinggi. Hanya saja dalam berpartisipasi belum optimal, dimana masih terdapat guru mata pelajaran yang belum berpartisipasi sepenuhnya. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan bagi guru mata pelajaran maupun personil sekolah, yaitu memahami pelayanan bimbingan dan konseling secara umum, peran masing-masing personil, dan turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai dengan perannya. Saran bagi konselor yaitu memberikan sosialisasi mengenai ruang lingkup pelayanan BK, peran dari stakeholder dalam BK, serta kode etik dalam BK kepada stakeholder.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru Mapel; Peran Guru Mapel dalam BK
Subjects: L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 12:14
Last Modified: 30 May 2018 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31170

Actions (login required)

View Item View Item