HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Nuramaliah , 1301412083 (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412083.pdf]
Preview
PDF
Download (848kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kejenuhan belajar yang sering terjadi dalam aktifitas belajar siswa. Kejenuhan belajar berpotensi menyebabkan penurunan prestasi belajar yang di alami siswa. Berdasarkan analisis Daftar Cek Masalah di SMA N 3 Semarang didapatkan hasil bahwa 83.3% siswa tidak tertarik mata pelajaran eksakta, 72.2% memiliki masalah terhadap pelajaran berhitung, 66.6% siswa merasa malas belajar dan 55.5% siswa mengantuk saat di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan kejenuhan belajar matematika, hubungan dukungan sosial orang tua dengan kejenuhan belajar matematika, dan hubungan efikasi diri dengan kejenuhan belajar matematika. Penelitian ini termasuk kedalam jenis ekspost facto, dengan desain korelasional. Populasi penelitian sebanyak 490 siswa dan sampel sejumlah 176 siswa, dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kejenuhan belajar matematika, skala dukungan sosial orang tua, dan skala efikasi diri. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari analisis regresi menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang negatif antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan kejenuhan belajar matematika (2) ada hubungan yang negatif antara dukungan sosial orang tua dengan kejenuhan belajar matematika (3) ada hubungan yang negatif antara efikasi diri dengan kejenuhan belajar matematika. Dalam penelitian ini juga memberikan tambahan hasil analisis yaitu mengetahui hubungan antara aspek-aspek variabel efikasi diri dan aspek-aspek dukungan sosial dengan variabel kejenuhan belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu guru BK dapat memberikan upaya preventif dengan memberikan pelatihan peningkatan efikasi diri. Selain itu, guru BK juga membangun hubungan yang lebih intim dengan orang tua siswa supaya guru dapat memastikan hubungan yang sehat siswa dengan orang tua, namun apabila terjadi hal yang kurang diharapkan guru dapat mengambil tindakan yang tepat dengan kerjasama pihak terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Orang Tua; Efikasi Diri; Kejenuhan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 17:53
Last Modified: 28 May 2018 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31167

Actions (login required)

View Item View Item