PENGARUH POLA ASUH KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SEKSUAL SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Febri Prahastuti , 1301412082 (2017) PENGARUH POLA ASUH KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SEKSUAL SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412082.pdf]
Preview
PDF
Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII dan IX di SMP Negeri Se-Kecamatan Kedungjati yang menunjukkan perilaku seksual kurang baik. Banyak kasus yang terjadi yang menyangkut dengan perilaku seksual, pelecehan seksual,dan seks bebas yang dilakukan oleh remaja. Berdasarkan permasalahn tersebut, peneliti melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui : (1) gambaran perilaku seksual siswa, (2) gambaran pola asuh keluarga siswa, (3) gambaran penggunaan media sosial oleh siswa, (4) seberapa besar pengaruh pola asuh keluarga terhadap perilaku seksual siswa,(5) seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku seksual siswa, (6) seberapa besar pengaruh pola asuh keluarga dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku seksual siswa. Penelitian ini adalah penelitian yang berjenis ex-post facto korelasional yang terdiri dari 3 variabel, pola asuh keluarga (X1), media sosial (X2), dan perilaku seksual (Y). Sampel dari penelitian ini sebanyak 251 siswa dengan menggunakan teknik sampling disproportionate stratified random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, regresi linear sederhana, dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran perilaku seksual tergolong baik 47%, (2) sebagian besar keluarga menerapkan pola asuh otoritatif, (3) gambaran penggunaan media sosial cukup baik 67%, (4) ada pengaruh yang signifikan pola asuh otoritarian terhadap perilaku seksual sebesar 4,6%, (5) ada pengaruh yang signifikan pola asuh otoritatif terhadap perilaku seksual sebesar 6,0% (6) ada pengaruh yang signifikan pola asuh memanjakan terhadap perilaku seksual sebesar 3,5% (7) ada pengaruh yang signifikan pola asuh melalaikan terhadap perilaku seksual sebesar 7,4%. (8) ada pengaruh signifikan penggunaan media sosial terhadap perilaku seksual 9,9%, (9) ada pengaruh yang signifikan pola asuh otoritarian dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku seksual sebesar 13,8%. (10) ada pengaruh signifikan pola asuh otoritatif dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku seksual sebesar 11,0%. (11) ada pengaruh signifikan pola asuh memanjakan dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku seksual sebesar 10,3%. (12) ada pengaruh signifikan pola asuh melalaikan dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku seksual sebesar 10,0%. Berkaitan dengan hasil penelitian, saran yang bisa diberikan adalah guru BK perlu memberikan layanan informasi, mediasi, dan penempatan penyaluran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh Keluarga, Media Sosial, Perilaku Seksual
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 17:42
Last Modified: 28 May 2018 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item