PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BATANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Rosita Kusuma Wardhani , 1301412068 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BATANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412068.pdf]
Preview
PDF
Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri di Kecamatan Batang yang menunjukkan bahwa para siswa memiliki kecenderungan melakukan prokrastinasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi secara internal yaitu minat belajar dan secara eksternal yaitu pelaksanaan layanan informasi bidang belajar sebagaimana dipersepsikan oleh siswa. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi tingkat prokrastinasi akademik, minat belajar, dan persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang belajar, serta pengaruh antara variabel tersebut. Jenis penelitiannya adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang belajar (X1), minat belajar (X2) dan variabel terikatnya adalah prokrastinasi akademik (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu 1785 siswa kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 243 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Pengujian validitas menggunakan product moment dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis mean, standar deviasi dan regresi linier berganda Hasil dari penelitian ini bahwa pada siswa kelas VIII di SMPN se-Kecamatan Batang diperoleh (1) prokrastinasi akademik siswa memiliki kecenderungan sedang, (2) persepsi siswa tentang peaksanaan layanan informasi bidang belajar siswa memiliki kecenderungan cukup baik, (3) minat belajar siswa memiiki kecenderungan sedang, (4) persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang belajar berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa, (5) minat belajar berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa, (3) persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diprediksikan bahwa semakin tinggi tingkat persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang belajar dan minat belajar siswa semakin meningkat, maka prokrastinasi akademik siswa semakin rendah. Oleh karena itu disarankan agar guru BK meningkatkan kualitas layanan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa memiliki persepsi yang lebih baik tentang pelaksanaan layanan informasi belajar, serta guru BK turut meningkatkan minat belajar siswa secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan informasi belajar, minat belajar, prokrastinasi akademik
Subjects:
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 17:35
Last Modified: 28 May 2018 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31161

Actions (login required)

View Item View Item