KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE-BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL UNGARAN


Nurma Fajar Islami , 1301412060 (2017) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE-BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412060.pdf]
Preview
PDF
Download (885kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok cognitive-behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan resiliensi pada siswa Muhammadiyah Boarding School Ungaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test post-tes control group. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri atas siswa kelas VII, VIII, dan IX. Kedelapan orang tersebut dibagi dalam dua kelompok, 4 orang kelompok eksperimen dan 4 orang kelompok kontrol. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki resiliensi sangat rendah hingga sedang, tinggal di asrama atau pondok, dan bersedia mengikuti penelitian. Instrumen penelitian ini adalah skala resiliensi yang dilengkapi dengan panduan perlakuan. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas kostruk dan mendapat masukan dari expert judgment. Koefisien validitas skala resiliensi dalam penelitian ini bergerak dari 0,280-0,626 dengan tingkat signifikansi antara 0,000-0,045. Reliabilitas instrumen penelitian ini menggunakan alpha cronbach dengan nilai alpha sebesar 0,840. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis kuantitatif inferensial menggunakan Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian tingkat resiliensi siswa sebelum diberikan perlakuan baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol keduanya berada pada kategori sedang (Eksperimen: M= 1.69, SD= 1.01; Kontrol: M= 1.61, SD= 0.68). Setelah diberi perlakuan tingkat reiliensi siswa pada kelompok ekperimen menunjukkan rata-rata berada pada kategori tinggi (M= 1.97, SD= 0.91), sedang kelompok kontrol tetap berada pada kategori sedang (M= 1.69, SD= 0.56). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan tingkat resiliensi yang lebih baik pada kelompok eksperimen dibanding pada kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U-Test menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen ada perbedaan sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan nilai Z= -1.83 (p<0.05). Sementara pada kelompok kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan sebelum dan setelah diberi perlakuan hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Z= -1.63(p>0.05). Kesimpulan penelitian ini yaitu, konseling kelompok cognitive-behavior therapy efektif untuk meningkatkan resiliensi siswa Muhammadiyah Boarding School Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cognitive-behavior therapy; konseling kelompok; resiliensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 16:00
Last Modified: 28 May 2018 16:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item View Item