PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII A DI SMP PGRI 07 GEMUH-KENDAL


Mukshirotu Yunita , 1301412053 (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII A DI SMP PGRI 07 GEMUH-KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412053.pdf]
Preview
PDF
Download (727kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena di SMP PGRI 07 Gemuh-Kendal yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa kelas VIII A yang memiliki kemampuan interaksi sosial kurang baik. Tujuan umum penelitian yaitu mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Sedangkan tujuan khusus penelitian yaitu mengetahui keadaan kemampuan interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, dan mengetahui adanya perbedaan kemampuan interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental dengan menggunakan onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan interaksi sosial rendah dan 9 siswa dengan kemampuan interaksi sosial sedang. Alasan peneliti mengambil 12 siswa agar sosiodrama dapat berjalan dengan efektif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala interaksi sosial. Validitas diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus alpha crombach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa sebelum diberi perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama menunjukkan kategori sedang (57%), dan kemampuan interaksi sosial siswa setelah diberi perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama menunjukkan kategori tinggi (71%). Perbedaan tingkat kemampuan interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan yaitu sebesar 14% dari yang sebelumnya 57% dalam kategori sedang menjadi 71% dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji wilcoxon, jumlah jenjang yang kecil atau nilainya adalah 78,0 sedangkan untuk n = 12 dengan taraf kesalahan 5% nilainya adalah 14. Sehingga 78,0 > 14,0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial siswa. Kemudian, peneliti selanjutnya diharapkan dapat memaksimalkan waktu dengan baik ketika bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dilaksanakan pada jam pelajaran, mengingat waktu yang dibutuhkan cukup banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, sosiodrama, interaksi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 13:44
Last Modified: 28 May 2018 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31157

Actions (login required)

View Item View Item