HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 SOKARAJA TAHUN AJARAN 2016/2017


Haryanto , 1301412051 (2017) HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 SOKARAJA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412051.pdf]
Preview
PDF
Download (825kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan dalam diri seseorang dipengaruhi dua hal yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan adalah pemahaman terhadap diri sendiri atau bisa disebut konsep diri (self concept), sedangkan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan adalah konformitas terhadap teman sebaya. Beerdasarkan fenomena perilaku siswa di SMA Negeri 1 Sokaraja yang menunjukkan kedisiplinan belajar yang rendah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan kedisiplinan belajar, hubungan konsep diri dengan kedisiplinan belajar, hubungan konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kedisiplinan belajar. Jenis penelitian ini termasuk ekspost facto, bersifat korelasional non eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Sokaraja sebanyak 316 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, jumlah sampel pada penilitian ini adalah 99 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Pengujian validitas dan reliabilitas dengan rumus product moment dan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya dengan kedisiplinan belajar diperoleh > (-0.515 > 0,1975) dengan signifikansi = 0,000, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa tidak hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan kedisiplinan. Pada konsep diri dengan kedisiplinan belajar, diperoleh > (0.956 > 0,1975) dengan signifikansi = 0,000, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kedisiplinan belajar. Pada konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kedisiplinan belajar, diperoleh = 69,87 dengan signifikansi = 0,000, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan pada konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kedisplinan belajar. Simpulan dari peneilitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kedisiplinan belajar, ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kedisiplinan belajar, dan ada hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kedisiplinan belajar. Hendaknya guru BK memberikan lauanan bimbingan kelompok dan klasikal sesuai dengan kebutuhan agar siswa memiliki konformitas teman sebaya, konsep diri dan kedisiplinan belajar yang baik dan positif, serta bekerja sama dengan semua pihak terkait dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga untuk mengawasi siswa kaitannya dengan kedisiplinan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konformitas teman sebaya, konsep diri, kedisiplinan belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 13:34
Last Modified: 28 May 2018 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31156

Actions (login required)

View Item View Item