PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI TKR 4 SMK NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Fitri Indah Wati , 1301412035 (2017) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI TKR 4 SMK NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412035.pdf]
Preview
PDF
Download (698kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di kelas XI TKR 4 yang memiliki kepercayaan diri rendah dengan menunjukan siswa kurang berani dalam berpendapat, kurang mampu berfikir secara mandiri, pemalu, dan cenderung menutup diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan diri sswa sebelum diberikan perlakuan, untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan perlakuan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Studi populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI TKR 4 sejumlah 36 siswa, oleh karena itu semua siswa XI TKR 4 yang memiliki kriteri rendah dan kriteri tinggi diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri. Validitas diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan uji hipotesis ( t-test). Berdasarkan penelitian tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kriteria rendah (62%). Hal tersebut ditunjukan dengan sikap siswa yang kurang berani dalam berpendapat, belum mampu berfikir secara mandiri. Setelah diberikan perlakuan kepercayaan diri siswa masuk dalam kriteria tinggi (68%). Hal ini ditunjukan dengan siswa sudah berani dalam bertindak, peningkatan tertinggi juga terjadi pada indikator memiliki keberanian dalam bertindak yaitu sekitar 9%, hal ini berarti kepercayaan diri siswa sudah meningkat. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung = 7,278 dan t tabel = 2,042, jadi nilai t hitung > t tabel. Dengan demikian, layanan penguasaan konten dengan teknik role playing berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing secara keseluruhan masuk dalam kriteria rendah, (2) tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan layanan peguasaan konten dengan teknik role playing scara keseluruhan masuk dalam kriteri tinggi, (3) layanan penguasaan konten dengan teknik role playing berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu disarankan guru BK yang belum melaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing diharapkan dapat melaksanakannya sesuai dengan indikator kepercayaan diri. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan layanan dan teknik yang berbeda supaya lebih mengoptimalkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan penguasaan konten, role playing, kepercayaan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Confidence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 13:21
Last Modified: 28 May 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31153

Actions (login required)

View Item View Item