PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK BERCERITA MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGATAHUN AJARAN 2016


Asih Ummu Lathifah , 1301412025 (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK BERCERITA MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGATAHUN AJARAN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412025.pdf]
Preview
PDF
Download (807kB) | Preview

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan salah satu hal penting dalam yang harus tumbuh dalam diri setiap siswa.Dengan adanya motivasi berprestasi maka siswa dalam mengembangkan dirinya dengan optimal baik dalam hal akdemis mapun non akdemis. Berdasarkan hasil data awal melalui wawancara terhadap wali kelas V SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga didapatkan hasil bahwa sebagaian siswa tidak memiliki motivasi berprestasi.Tujuan dari penelitian yakniuntuk membuktikan adakah pengaruh layanan informasi dengan teknik bercerita terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa kelas V SD Negeri 2 Munjul. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakanpre experimental design.Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V dengan populasi 25 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologi yaitu skala motivasi berprestasi dengan teknik analisis data diskriptif presentase dan analisis t-tes paired sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan informasi teknik bercerita media gambar pada motivasi berprestasi dengan kenaikan 18% dari 60% menjadi 78% dengan kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t-tes paired sampeldiperoleh r hitung sebesar 9.964, jika N= 25 dengan taraf kesalahan 0,5% r tabel 2.064 maka r hitung > r tabel berartidapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan informasi teknik bercerita media gambar terhadap motivasi berperstasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2016.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi; layanan informasi; teknik bercerita.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:56
Last Modified: 28 May 2018 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item View Item