KEPUASAN SISWA KELAS XII TERHADAP KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Dedi Wahyu Hartanto , 1301412011 (2017) KEPUASAN SISWA KELAS XII TERHADAP KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412011.pdf]
Preview
PDF
Download (641kB) | Preview

Abstract

Bimbingan karier yang diberikan guru BK di SMK tentunya mempunyai peran penting untuk mempersiapkan karier siswa baik yang mau langsung bekerja ataupun melanjutkan studi. Mengingat tujuan sekolah kejuruan adalah memberikan lulusan yang siap kerja, Bursa Kerja Khusus (BKK) berperan lebih dominan dalam menjembatani siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Di sisi lain, layanan bimbingan karier oleh guru BK lebih difokuskan untuk persiapan siswa melanjutkan studi. Melihat fenomena tersebut maka dirasa perlu diketahui apakah layanan bimbingan karier yang diberikan oleh guru BK sudah memenuhi harapan siswa dilihat dari sisi kualitas layanan bimbingan karier yang diberikan guru BK sehingga berimbas kepada kepuasan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMK Negeri kota Semarang yang berjumlah 4.962 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sampel yang diambil sejumlah 326 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Alat pengumpulan data menggunakan skala yaitu skala kepuasan siswa terhadap kualitas layanan bimbingan karier. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif presentatif. Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh bahwa kepuasan rata-rata siswa kelas XII SMK tentang kualitas layanan bimbingan karier yang diberikan guru BK berada dalam kriteria puas dengan persentase 70,74%. Indikator kepuasan yang diteliti adalah keandalah, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Inikator yang mendapat persentase tertinggi adalah Jaminan dengan persentase 72,99 %. Sementara indikator empati dengan persentase 68,28 % menjadi yang terendah. Simpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kepuasan siswa kelas XII tentang layanan bimbingan karier di SMK Negeri se-Kota Semarang berada pada tingkat yang memuaskan dengan indikator jaminan mendapat persentase paling tinggi, sementara indikator empati mendapat indikator terendah. Disarankan kepada guru BK untuk bisa menjaga kualitas layanan bimbingan yang diberikan, terlebih untuk meningkatkan empati kepada siswa didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan siswa, kualitas layanan, bimbingan karier.
Subjects: L Education > L Education (General) > Career Guidance Services
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:53
Last Modified: 28 May 2018 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31148

Actions (login required)

View Item View Item