MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MEDIA PERMAINAN (GAMES) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 MIJEN TAHUN AJARAN 2016/2017


IDA SUPRIYATI , 1301411021 (2017) MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MEDIA PERMAINAN (GAMES) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 MIJEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411021.pdf]
Preview
PDF
Download (868kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kurangnya minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Hal ini berpengaruh pada penyampaian layanan bimbingan klasikal. Adanya indikasi kurangnya minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal tersebut perlu diketahui lebih mendalam. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik media permainan (games) dapat meningkatkan minat layanan bimbingan klasikal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana teknik media permainan (games) dapat meningkatkan minat layanan bimbingan klasikal. Penelitian yang digunakana dalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Mijen Demak dengan jumlah 24 siswa. Teknik sampling yang digunakan stratified random sampling (sampel berstrata) sampel yang diambil sebanyak 10 siswa. Alatpengumpul data menggunakan skala psikologis yang telah diuji cobakan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang diajukan agar dijawab siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistic non-parametric dengan rumus wilcoxon macth pairs test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 1 Mijen Demak dapat ditingkatkan melalui teknik media permainan (games). Oleh karena itu guru BK dapat menggunakan teknik media permainan (games) untuk meningkatkan minat layanan bimbingan klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan klasikal; Teknik media permainan (games).
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:46
Last Modified: 28 May 2018 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item