KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA SISWA KELAS VII G MTS NEGERI 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017


Diana Kusuma Astuti , 1301411017 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA SISWA KELAS VII G MTS NEGERI 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411017.pdf]
Preview
PDF
Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terdapat dilapangan, penelitian terdahulu, informasi dari guru sekolah serta pengalaman peneliti sewaktu melaksanakan observasi ke sekolah serta dari hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling yang menyatakan bahwa hampir dari setiap kelas terdapat siswa yang mengalami kecemasan berbicara terutama ketika berada di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas yang dialami oleh siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian eksperimen. Lokasi penelitian adalah MTs Negeri 2 Banjarnegara. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kecemasan berbicara di depan kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecemasan. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment dan untuk menguji tingkat reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,316. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas tergolong dalam kriteria rendah dengan persentase 57% yang artinya mendapatkan perkembangan yang baik karena kecemasan berbicara di depan kelas menurun. Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menunjukkan hasil yang signifikan ditandai dengan koefisien korelasi sebesar 0,883. Jadi, semakin sering siswa diberikan treatment maka akan semakin menurun juga kecemasan berbicara di sepan kelas yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Berbicara, Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:42
Last Modified: 28 May 2018 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31146

Actions (login required)

View Item View Item