KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 1 KERSANA BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017


Ahdiat Prasetya Laksono , 1301410016 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 1 KERSANA BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301410016.pdf]
Preview
PDF
Download (949kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI Jurusan Tata Boga SMK N 1 Kersana Brebes. Ada 29 siswa yang rendah motivasi belajarnya berdasar hasil wawancara dengan guru BK sekolah tersebut. Melalui layanan bimbingan kelompok teknik modeling diharapkan motivasi belajar siswa ini dapat ditingkatkan. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMK N 1 Kersana. Sampel penelitian ini adalah siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar terendah berdasarkan hasil wawancara dan ledger. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala motivasi belajar dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode statistik nonparametrik dengan rumus Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anggota kelompok siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar tinggi yaitu sebanyak 7 orang (58,33%), dan sebanyak 5 orang siswa (41,67%), dengan tingkat motivasi belajar sedang. Jika dilihat dari tingkat rata-rata anggota kelompok mempunyai nilai skor tingkat motivasi belajar sebesar 145,83 dengan prosentase sebesar 72,92%, yang masuk dalam kategori tinggi. Jadi layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa dalam kategori tinggi naik menjadi 7 siswa dan kategori sedang menjadi 5 siswa, sedangkan siswa dalam kategori rendah sudah tidak ada. Simpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK N 1 Kersana Brebes. Saran yang diberikan, hendaknya bisa memberikan jam BK kepada guru BK supaya layanan bimbingan dan konseling dapat diberikan kepada siswa secar maksimal serta fasilitas terkait layanan BK bisa lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar; Teknik Modeling
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:35
Last Modified: 28 May 2018 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31145

Actions (login required)

View Item View Item