PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI UPT BLK KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG


Rifqi Sari Fadli , 1201413086 (2017) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI UPT BLK KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413086.pdf]
Preview
PDF
Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat. Masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun yang belum bekerja, diharapkan agar mereka dapat menyiapkan masa depannya dengan pembekalan ketrampilan yang perlu didapatkan. Lembaga Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) adalah salah satu jalur Pendidikan Nonformal yang memberikan pelayanan pelatihan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan pembelajaran pelatihan komputer dan apa saja faktor hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pelatihan komputer dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan narasumber 1 pengelola program, 1 instruktur pelatihan, dan 5 peserta pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan pembelajaran yang mencakup : 1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan menetapkan tujuan program, bahan ajar, tenaga instruktur, peserta pelatihan, sarana prasarana dan sumber belajar. 2) pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dilaksanakan instruktur berdasarkan berpedoman pada materi belajar, metode belajar, media belajar, prosedur pembelajaran, dan alokasi waktu. 3) evaluasi pembelajaran, dilaksanakan guna untuk mengetahui hasil pembelajaran yang berdasarkan pada tujuan evaluasi, evaluator, waktu evaluasi, dan model evaluasi. Faktor hambatan pembelajaran yang dihadapi diantaranya : peserta pelatihan kesulitan memahami terkait materi belajar tertentu dan peserta pelatihan kurang disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan pembelajaran yang terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Tujuan pembelajaran adalah untuk membekali peserta pelatihan agar mampu menguasai keahlian dalam bidang komputer. Bahan ajar disesuaikan dengan mengacu pada kurikulum SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Metode belajar di optimalisasikan ke praktek dalam rangka untuk menumbuhkan keahlian peserta pelatihan dalam menguasai materi-materi belajar. Faktor hambatan pembelajaran yang dihadapi di antaranya : peserta pelatihan kesulitan memahami terkait materi-materi belajar tertentu dan peserta kurang disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran, Pelatihan Komputer.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:29
Last Modified: 28 May 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31144

Actions (login required)

View Item View Item