PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP ETOS KERJA PEGAWAI DI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT (PP-PAUD DAN DIKMAS) JAWA TENGAH


RINI SETYONINGRUM , 1201413075 (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP ETOS KERJA PEGAWAI DI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT (PP-PAUD DAN DIKMAS) JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413075.pdf]
Preview
PDF
Download (765kB) | Preview

Abstract

Etos kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah adanya komunikasi internal yang dilakukan dalam organisasi sebuah instansi. Akan tetapi, kebenaran argumen ini akan dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah? (2) Seberapa besar pengaruh komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi interna terhadap etos kerja pegawai di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah. Pendekatan penelitian survey. Populasi sebanyak 114 orang. Sampel penelitian berjumlah 53 orang, teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan cara Cluster Random Sampling karena populasi bersifat heterogen menurut bagian-bagiannya. Ada 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat antara lain Komunikasi Internal (X) dan Etos Kerja (Y). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis data statistik diproleh bentuk regresi adalah Y = 29,122 + 0,409X. Hasil perhitungan probabilitas (Sig.) sebesar 0,002 atau Sig 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah”. Sumbangan pengaruh variabel Komunikasi Internal (X) terhadap variabel Etos Kerja (Y) sebesar 15,2%. Sedangkan sisanya 84,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercakup oleh penelitian ini. Simpulan : ada pengaruh positif dan signifikan variabel Komunikasi Internal terhadap Etos Kerja pegawai di Pusat Pengembanga Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PPPAUD dan Dikmas) Jawa Tengah. Saran : bagi para pegawai maupun pihak atasan atau pemimpin diharapkan untuk meningkatkan komunikasi, sehingga dibutuhkan komunikasi timbal balik yang efektif antara pemimpin dengan pegawai sehingga dapat tercipta suasana harmonis. Serta perlu dipertahankan dan ditingkatkan komunikasi yang sudah baik antar pegawai maupun pemimpin dengan pegawai agar terjadi pertukaran informasi yang baik yamg berkaitan dengan pekerjaan, sehingga bila terdapat masalah pekerjaan dapat ditangani bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Etos Kerja
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:22
Last Modified: 28 May 2018 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31142

Actions (login required)

View Item View Item