Penyelenggaraan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Usaha Kopi pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Mengurangi Pengangguran di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung


Tri Handayani , 1201413058 (2017) Penyelenggaraan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Usaha Kopi pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Mengurangi Pengangguran di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413058.pdf]
Preview
PDF
Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penyelenggaraan program pemberdayaan masyarakat pada kelompok usaha bersama (KUBE) dalam mengurangi pengangguran di KUB Tani Manunggal; 2) kendala yang dihadapi KUB Tani Manunggal dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat pada kelompok usaha bersama (KUBE). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengelola dan anggota KUB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat pada kelompok usaha bersama (KUBE) di KUB Tani manunggal ini dilakukan secara bertahap mulai dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) kendala yang dihadapi meliputi sifat egois anggota, bahan baku kopi bubuk kemasan susah didapat di luar musim panen kopi, modal usaha kurang, dan pemasaran kopi bubuk. Faktor pendukung KUB meliputi alat lengkap, SDA mendukung, anggota memasarkan produk. Solusi KUB meliputi meningkatkan kekompakan dan kebersamaan kelompok, mencari mitra usaha, menaikkan harga jual. Saran peneliti sebagai berikut: 1) Membuat peraturan peminjaman dan penggunaan alat milik kelompok dengan jelas disertai dengan sanksi tegas bagi yang melanggar; 2) Membeli kopi biji dalam jumlah yang banyak saat musim panen kopi serta mendatangkan kopi biji dari wilayah lain untuk mendukung persediaan bahan baku; 3) Menjalin mitra usaha dengan pihak lain seperti perusahaan swasta dalam mengatasi kurangnya modal usaha; 4) Menjalin mitra usaha dengan pihak lain seperti bergabung dengan festival-festival kuliner dalam memasarkan kopi bubuk KUB Tani Manunggal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Pengangguran.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Community Empowerment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 18:20
Last Modified: 25 May 2018 18:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31137

Actions (login required)

View Item View Item