PENYELENGGARAAN PROGRAM PELATIHAN BABY SITTER BALITA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KASIH BINTANG TIMUR KOTA SEMARANG


Atika Yuni Ratna Sari NS , 1201413036 (2017) PENYELENGGARAAN PROGRAM PELATIHAN BABY SITTER BALITA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KASIH BINTANG TIMUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413036.pdf]
Preview
PDF
Download (964kB) | Preview

Abstract

Keikutsertaan wanita dalam bekerja menyebabkan peran pengganti ibu rumah tangga sebagai pengasuh anak sangat dibutuhkan. Keterbatasan orangtua yang harus bekerja sehingga tidak dapat mengurus, mengawasi, dan mendidik anak-anak mereka selama satu hari penuh dapat dibantu peran nya oleh baby sitter. Rumusan masalah masalah yang dikaji adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pelaihan baby sitter di LKP Kasih Bintang Timur Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program di LKP Kasih Bintang Timur Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah Tutor/instruktur, warga belajar, pemilik dan staff LKP Kasih Bintang Timur. Fokus penelitian adalah perencanaan program, pelaksanaan, dan evaluasi program pelatihan baby sitter balita . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Analisis data dimulai dari pengump ulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKP Kasih Bintang Timur menyelenggarakan satu program pelatihan baby sitter bagi balita. Program dikelola berdasarkan trisula aktivitas yaitu, meliputi: 1) perencanaan. Tutor ahli dibidangnya diterima melalui tahap rekruitmen. Kurikulum mengacu pada Lembaga Sertifikat Kompetensi (LSK). Sarana dan prasarana sudah memadai. Anggaran dana dikelola dan dilaporkan secara ordonator. 2) pelakasanaan. Pembelajaran fleksibel dan tidak berstruktur. Iklim pembelajaran kondusif. Interaksi sosial berlangsung baik. Media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan. Faktor penghambat yaitu motivai warga belajar yang rendah saat mengikuti pembelajaran dikelas. 3) evaluasi. Dilaksanakan secara berkala dengan menggunakan formative-sumatif evaluation model. Disimpulkan secara umum penyelenggaraan program pelatihan baby sitter di LKP Kasih Bintang Timur Semarang berjalan sesuai, mulai dari perencanaan sampai evaluasi program. Saran yang diajukan peneliti adalah sistem rekruitmen tutor/instruktur lebih selektif yang tidak mementingkan hubungan sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: baby sitter, pelatihan, tutor.
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 17:13
Last Modified: 25 May 2018 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31123

Actions (login required)

View Item View Item