PERAN TUTOR SEBAGAI FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN ANAK PESISIR PADA KOMUNITAS SAHABAT TENGGANG SEMARANG


Nur Inayah , 1201413034 (2017) PERAN TUTOR SEBAGAI FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN ANAK PESISIR PADA KOMUNITAS SAHABAT TENGGANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413034.pdf]
Preview
PDF
Download (789kB) | Preview

Abstract

Pembangunan Nasional hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, salah satunya melalui pendidikan. Indonesia memiliki penduduk yang tinggal disekitar garis pantai. Persoalan kemiskinan masyarakat pesisir menjadi penyebab ketidakmampuan meningkatkan kualitas diri. Pendidikan nonformal hadir memberikan solusi. Pendidikan sebagai suatu sistem, dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari peran tutor. Rumusan penelitian ini yakni 1) Bagaimana peran tutor sebagai fasilitator dalam perencanaan pendidikan keterampilan, 2) Bagaimana peran tutor sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan keterampilan, 3) Bagaimana peran tutor sebagai fasilitator dalam evaluasi pendidikan keterampilan, dan 4) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran tutor sebagai fasilitator dalam pendidikan keterampilan anak pesisir di Komunitas Sahabat Tenggang Semarang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran tutor sebagai fasilitator dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat peran tutor sebagai fasilitator. Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah koodinator, tutor dan peserta didik. Fokus penelitian adalah peran tutor sebagai fasilitator meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan keterampilan. Sumber data primer penelitian adalah koordinator, tutor dan peserta didik, sumber data sekunder diperoleh dokumentasi data-data komunitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yakni meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah a) Perencanaan pendidikan keterampilan pada Komunitas Sahabat Tenggang dilaksanakan oleh tutor, peserta didik hanya dilibatkan secara tidak langsung, b) Pelaksanaan pendidikan keterampilan pada Komunitas Sahabat Tenggang dikenal dengan istilah learning to be (belajar menjadi sesuatu), c) Komunitas Sahabat Tenggang tidak mengenal sistem raport. Penghargaan yang diberikan berupa apresiasi positif atas karya keterampilan, d) Faktor pendukung peran tutor sebagai fasilitator pada pendidikan keterampilan di Komunitas Sahabat Tenggang salah satunya adalah motivasi tutor, sedangkan faktor penghambat adalah aktivitas atau kesibukan harian tutor sendiri serta keterbatasan fasilitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan tutor mampu meningkatkan kualitas pendidikan keterampilan dengan membuat kurikulum yang jelas dan jadwal pelajaran pasti. Pelaksanaan pembelajaran tutor telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Dalam evaluasi, tutor memiliki catatan khusus perkembangan peserta didik serta lebih mengarahkan pada pendidikan keterampilan fungsional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Tutor, Pendidikan Keterampilan, Anak Pesisir.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 17:05
Last Modified: 25 May 2018 17:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item