STRATEGI PEMBELAJARAN TAUHID BAGI PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Khoiru Ummah di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang)


AHMAD KHOIRUL ANAM , 1201413030 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN TAUHID BAGI PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Khoiru Ummah di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413030.pdf]
Preview
PDF
Download (827kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan agama bagi penyandang tunarungu di Pondok Pesantren Khoiru Ummah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) strategi pembelajaran Tauhid bagi tunarungu (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran tauhid bagi penyandang tunarungu di Pondok Pesantren Khoiru Ummah (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tauhid bagi penyandang tunarungu di Pondok pesantren Khoiru Ummah. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif suatu strategi yang diterapkan dalam pembelajaran tauhid bagi penyandang tunarungu di Pondok Pesantren Khoiru Ummah di Kota Semarang Jawa Tengah. Lokasi penelitian ini di Jl. Raya Semarang-Kendal Km. 13 Wonosari Ngaliyan Semarang (belakang BPKP Jateng). Subyek penelitian berjumlah 10 orang yaitu 6 warga belajar dan 3 orang pendidik dan 1 orang pengasuh pondok pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Proses strategi pembelajaran ada lima unsur: a) konsep yaitu melakukan pendektan internal tunarungu b) pendekatan, pendekatan pembelajaran menggnakan terpusat pada masalah c) metode, Bahasa isyarat d) teknik, dengan ceramah, e) taktik setiap pendidik berbeda-beda 2) faktor pendukungnya kesemangatan tunarungu dalam belajar, faktor penghambat keluarga yang belum paham program pembelajaran tauhid . Simpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran tauhid pada penyandang tunarungu memiiliki lima tahapan yaitu konsep, pendekatan, metode teknik, dan taktik. Saran yang dapat di sampaikan yaitu pada tahun ajaran baru diharapkan adanya poster atau pamflet dengan tujuan untuk memberi gambaran umum pondok serta menjadi daya tarik wali santri sebagai rekomendasi pendidikan untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Tauhid, Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 16:50
Last Modified: 25 May 2018 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31119

Actions (login required)

View Item View Item