PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN TEGAL


Hany Iqomatul Haqque , 1201413029 (2017) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413029.pdf]
Preview
PDF
Download (693kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh berupa nilai angka atau huruf yang mengakibatkan perubahan dalam diri seseorang setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh: 1) Disiplin belajar terhadap prestasi belajar warga belajar Paket B. 2) Motivasi belajar terhadap prestasi belajar warga belajar Paket B. 3) Disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar belajar warga belajar Paket B. Penelitian ini termasuk jenis penelitian expost facto dengan sampel penelitian sebanyak 33 warga belajar. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar warga belajar Paket B dengan kontribusi sebesar 35.8 %. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar warga belajar Paket B dengan kontribusi sebesar 36.9 %. 3) Disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar warga belajar Paket B dengan kontribusi sebesar 38.4 %. Tutor sebagai tenaga pendidik senantiasa menerapkan disiplin belajar dengan cara selalu mengawasi kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran bersifat kondusif serta memberikan motivasi belajar berupa dorongan dan semangat belajar senantiasa diberikan setiap kegiatan pembelajaran. Misalnya memberikan sangsi dalam hal pelanggaran kepada warga belajar harus diberikan secara tegas dan mendidik agar memberi efek jera kepada warga belajar yang melanggar tata tertib dan memberikan kesadaran bagi warga belajar terutama dalam hal disiplin belajar. Selain pemberian motivasi belajar dari tutor, pihak sekolah hendaknya berkerjasama dengan orang tua atau wali murid untuk memberikan motivasi belajar berupa dorongan dan semangat belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 16:42
Last Modified: 25 May 2018 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item